Kamis, 24 Juni 2010

Perbedaan Mendidik dan Mengajar

A. Ragam Arti Pendidikan dan Pengajaran

Akar kata Pendidikan adalah “didik” atau “mendidik” yang secara harfiah artinya memelihara dan memberi latihan. Sedangkan Pendidikan adalah tahapan-tahapan kegiatan mengubah sikap perilaku seseorang atau sekelompok orang melalui upaya pengajaran dan pelatihan.
Dalam bahasa inggris,pendidikan disebut Education yang kata kerjanya
to educate.padanan kata ini adalah to civilize, to develop,artinya memberi peradaban dan mengembangkan. Istilah education memiliki dua arti yakni arti dari sudut orang yang menyelenggarakan [endidikan dan arti sydut orang yang di didik.

Mengenai istilah pengajaran menurut kamus besar Bahasa Indonesia (1991) berasal dari kata “ajar” yang artinya petunjuk yang diberikan kepada seseorang supaya diketahui (diturut). Kata “mengajar” berarti memberi pelajaran.
Pendidikan pada hakikatnya seperti yang yang dinyatakan para ahli psikologi dan pendidikan antara lain Chaplin (1972),Tardif(1987),dan Reber (1988), adalah pengembangan potensi-potensi atau kemampuan manusia secara menyeluruh yang pelaksanaannya dilakukan dengan cara mengajarkan berbagai pengetahuan dan kecakapan yang dibutuhkan oleh manusia itu sendiri.
Hakikat pendidikan yang dikemukakan oleh para ahli diatas ternyata juga sama dengan persepsi para penyusun kamus besar bahasa Indonesia(1991). Dalam kamus ini, secara tegas dinyatajan bahwa pendidikan adalah tahapan-tahapan pengubahan sikap dan tingkah laku manusia,baik sebagai individu maupun sebagai kelompok melalui ikhtiar pengajaran dan pelatihan.


B. Pengertian Mengajar
Istilah mengajar sudah dikenal sejak lama,bahkan sejak disadari pentingnya pendidikan dan persekolahan. Demikian juga konsep pengajaran dikaitkan dalam kerangka system pendidikan nasional.
Pengertian mengajar bermcam racam ragam bergantung pada landasan teori belajar yang melandasarinnya,tujuan dan arah serta kegiatan yang dilakukan. Keragaman itu tampak bahea mangajar merupakan proses konservasi kebudayaan atau penyampaian pengetahuan dan kecakapan , atau pengorganisasian lingkungan belajr atau keaktifan siswa.Mengajar adalah membimbing kegiatan belajar anak. Teaching is the guidanceof learning activities,teaching is for the purpose of auding the pupil to learn.
Menurut Tyson dan Caroll ( 1970 ) setelah mempelajari secara seksama sejumlah teori pengajaran,menyimpulkan bahwa,mengajar adalah……..a way warking with students…….a proses of interaction…….the teacher does aomething to student,the student do something in return. Dari devinisi ini tergambar bahwa mengajar adalah sebuah cara,sebuah proses hubungan timbale balik antara siswa dengan guru yang sama-sama aktif melakukan kegiatan
Nasution ( 1986 ) berpendapat bahea mengajar adalah suatu aktifitas mengorganisasi atau mengatur lingkungan sebaik-baiknya dan menghubungkanya dengan anak,sehingga terjadi proses belajar.
Tardif ( 1989 ) mendevinisikan mengajar secara lebih sederhana tetapi cukup koprehensif dengan menyatakan bahwa mengajar itu pada prinsipnya adalah
Any action performed by an individual ( the Learning ) with the intension of faciliting learning in another individual ( the learning ). Artinya mengajar adalah perbuatan yang dilakukan seseorang dengan tujuan membantu atau memudahkan orang lain melakukan kegiatan belajar

C. Pengertian Mendidik

Mendidik adalah kata imbuhan yang berawal dari kata “didik”
dari kata itu pula terbentuk kata lain yakni pendidik dan terdidik. Kata mendidik merupakan kata kerja dari suatu perbuatan didik.yakni membuat orang terdidik,mentransfer pengetahuan kepada orang lain dengan cara sistamatis.
Jadi mendidik adalah suatu perbuatan pentransferan pengetahuan kepada seseorang dari tidak tahu menjadi tahu secara sistematis,sehingga bermanfaat dalam kehidupannya dimasa kini dan yang akan dating serta tidak ketergantungan berlebihan kepada orang lain. adapun kata pendidik lebih ditujukan kepada orang yang memberi didikan yaitu guru. Sedangkan terdidik adalah orang yang menerima didikan yakni murid.
Dalam istilah Jurgen Habermas disebut sebagai hegemoni ratio instrumentalis. System pendidikan yang digelontorkan dengan satu sisi mata uang, menurut dia akan menghasilkan output manusia-manusia mekanis yang kering dari nuansa kebasahan ruang diri.
Mendidik adalah memanusiakan manusia. Memanusiakan manusia membutuhkan nilai-nilai egaliter dan suasana demokratis.saat ini dengan berbagai dalih misalnya fobia yang berlebihan terhadap globalisasi,dan system pendidikan kita
Menurut Victor Hugo,seorang sastrawan raksasa, Mendidik adalah Melawan.
Yang memiliki makna yang mendalam dan filosofinya. Hanya orang-orang menyumbang besar kepada bagi peradaban sebuah bangsa yakni seorang guru dan perawat. Guru sangat penting terhadap maju atau mundurnya sebuah bangsa.

7 komentar: